Sunday, July 31, 2011

Sungai & Perkampungan Warga daerah Taman Hewan

Sebuah sketsa landscape yang dibuat di sela-sela tugas saya sebagai dosen memberikan bimbingan dan acc kepada mahasiswa/wi saya di kuliah gambar bentuk I. Kebetulan pada hari itu, hari selasa materi yang sedang digarap adalah menggambar landscape dengan mengambil objek perumahan warga di sekitar aliran sungai Cikapundung. Dan untungnya ada sebuah tempat yang bagus untuk merekam itu semua, yaitu di pinggir bangunan Sasana Budaya Ganesha milik ITB. Mungkin belum begitu banyak orang yang tahu ataupun perduli untuk mencoba melihat-lihat ke situ pada saat kunjungan mereka ke Gedung Megah milik salah satu perguruan Tinggi ternama di kota Bandung ini. Padahal hanya beberapa langkah dari pintu masuk utamanya, kita bisa mendapati sebuah bangunan Pintu Air, dari bangunan itu kita bisa menengok suasana yang cukup kontras dengan kemegahan gedung Sasana Budaya Ganesha tersebut, ya...Sabuga (demikian biasa disingkat) dibangun bersebelahan dengan salah satu wilayah terpadat pemukiman penduduk kota Bandung, Taman Hewan, yang berada di bawah kecamatan Taman Sari. Daerah padat penduduk yang dibelah oleh aliran sungai terbesar dan terpanjang di kota Bandung, sungai Cikapundung. Sebuah potret kemiskinan & kekumuhan dapat dilihat di sana, berbagai bentuk & ukuran rumah-rumah rakyat kecil yang sebenarnya kurang layak huni terlihat jelas saling tumpang tindih membentuk semacam komposisi yang semrawut campur aduk, menghiasi pinggir sungai Cikapundung. Ya, sambil mendampingi mereka menggambar saya sempatkan pula untuk mensket suasana yang menurut saya cukup menarik dari sudut pandang yang bisa saya dapat dari posisi saya saat itu. Dan inilah hasilnya setelah selama kurang lebih 45 menit'an saya goreskan drawing pen saya di selembar kertas A4, setelah kembali ke kampus baru saya tambahkan warna menggunakan spidol warna....Selamat menikmati...:)

No comments:

Post a Comment